Tips Menggambar Dengan Pensil Untuk Pemula

tips menggambar dengan pensilTips menggambar dengan pensil untuk pemula memang penting bagi siapa saja yang baru saja memulai belajar menggambar menggunakan pensil. Jika kita tilik lagi dari awal pastinya sejak awal kita sudah diajari bagaimana menggambar dengan pensil. Hanya saja mungkin yang diajarkan hanyalah teknik-teknik dasar sehingga kita kurang tertarik dan tidak mengembangkan teknik-teknik tersebut. Padahal jika kita lihat saat ini banyak sekali hasil karya gambar-gambar mengagumkan yang hanya di buat dari sebatang pensil. Tentu saja banyak yang penasaran bagaimana bisa membuat gambar sebagus itu. Semakin berkembangnya teknik-teknik menggambar menggunakan pensil membuat semakin banyak orang mulai mencoba menggambar menggunakan pensil. Untuk itu, di artikel ini saya akan berbagi bagaimana tips menggambar dengan pensil untuk pemula.

Pencahayaan Yang Tepat

Dalam memulai membuat karya mengagumkan berupa gambar dengan pensil pastikan Anda menggambar di tempat yang memiliki pencahayaan cukup. Pencahayaan yang cukup artinya tidak di tengah kegelapan dan juga tidak di bawah sinar lampu yang berlebihan. Sinar lampu yang kurang sehingga terkesan redup akan membuat kita tidak mampu mengamati detail-detail kekurangan dari goresan pensil kita. Begitu juga sebaliknya jika kita menggambar dibawah sinar lampu yang berlebihan akan memberikan efek mengkilat pada goresan pensil kita sehingga kita kurang bisa mengamati gradasi warna yang telah terbentuk.

Alasi Tangan Dengan Tissu Atau Kertas

Sebagai penggambar pemula yang baru belajar pasti kita akan dicekam rasa grogi dan tidak yakin ketika menggoreskan garis demi garis di kertas pertama kita. Nah, biasanya ketika grogi tangan kita akan berkeringat, keringat ini lah yang akan menodai kertas dan hasil gambar kita sehingga membuat gambar kita menjadi rusak. Apalagi jika setelah itu kita cuci tangan dan secara tidak sadar langsung mulai menulis lagi padahal tangan belum kering. Pastilah gambar akan semakin rusak karena ulah keteledoran kita. Untuk menghindari hal itu, berilah alas pada bagian sisi tangan yang bersentuhan secara langsung dengan kertas gambar kita sehingga kita tidak khawatir kertas akan menjadi kotor. Ini adalah kunci utama dalam tips menggambar dengan pensil untuk pemula.

 Gunakan Pensil Yang Tepat

Sebagai pemula kebanyakan dari kita akan langsung menggambar dengan pensil apa saja yang ada di rumah. Eiits, untuk menjadi pemula yang baik ada baiknya kita belajar mulai dasar yang baik juga. Ketahui berbagai macam jenis pensil sekaligus fungsi-fungsinya dalam menggambar. Seperti misalnya pensil yang paling umum tersedia yaitu pensil 2B yang ternyata hanya untuk membuat garis bantu atau bayangan karena sifatnya yang tipis. Sedangkan untuk membuat garis-garis dan gambar yang tajam kita bisa menggunakan pensil 2H. Untuk membuat sketsa sebagai primadona utama di dunia perpensilan kita bisa menggunakan pensil tipe HB untuk mendapatkan hasil gambar yang terbaik.

Share

7 komentar

  1. Min, aku pertama dalam membuat pola memakai pensil HB dulu setelah itu 2b, soal.y 2b lebih pekat ketimbang HB, penjelasan admun kok kebalik yah??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *