Mengambar Sketsa dengan Pensil untuk Hasil Gambar yang Maksimal

menggambar sketsa dengan pensilMenggambar sketsa dengan pensil perlu memperhatikan cara-cara yang disarankan dan dirokemendasikan. Pasalnya, teknik penggambarannya berbeda dengan alat gambar yang lain, seperti memakai kuas atau kapur. Mungkin sejak kecil kita semua sudah diajarkan mewarnai atau mengambar dengan pensil warna. Namun demikian, cara atau tekniknya mungkin belum dikuasai dengan baik dan benar. Oleh karena itu, hasil penggambarannya juga belum bagus. Berbeda dengan mereka yang mungkin berprofesi sebagai desainer atau pelukis. Mereka mempelajari menggambar sketsa dari dasar dan mendetail. Dengan begitu, hasil penggambarannya juga relatif bagus dan menarik untuk dilihat. Pekerjaan mereka yang hampir tiap hari menggambar menjadikan alat gambar, misalnya pensil menjadi seperti teman akrabnya.

Cara menggambar sketsa dengan pensil yang baik

Sebelum menggambar, Anda harus menyediakan minimal sebuah pensil bersama rautannya. Jangan lupa untuk menyiapkan juga media untuk menggambar, seperti kertas atau kanvas. Pilihlah pensil yang berkualitas, sementara rautannya yang cukup tajam. Selanjutnya, praktikkan beberapa cara menggambar sketsa berikut ini.

Pertama, buatlah gambar sketsa dasarnya. Misalnya, saat Anda menggambar sketsa baju, bentuklah tubuh seseorang terlebih dulu. Bisa berbentuk satu tubuh utuh, bagian atasnya, atau bagian bawahnya. Sesuai kebutuhan dari gambar sketsa baju tersebut.

Kedua, mulailah dengan menggambar hiasannya. Misalnya, desain baju yang Anda gagas, kemudian digambar di atas kertas dengan pernak-pernik di dalamnya. Sesuaikan dengan ukuran baju yang ingin dibuat dengan menggunakan perbandingan.

Ketiga, warnailah gambar tersebut atau diberi keterangan warna. Biasanya, para desainer tidak ada waktu untuk mewarnai. Tugas itu akan diberikan kepada asistennya. Jika tidak, sang desainer bisa memberikan keterangan dengan menulis warna apa yang harus dipakai. Misalnya, sebuah baju di bagian depan atau dada berwarna hitam, maka diberi keterang dengan menulis warna hitam, dan selanjutnya.

 Gambar sketsa yang bagus dengan pensil

Jangan pernah melupakan jika gambar sketsa yang bagus bukan hanya dari keahlian yang yang dimiliki seseorang. Namun, gambar sektsa yang bagus juga diperoleh dari alat gambar yang berkualitas, salah satunya pensil. Sebuah pensil bisa sangat berperan dalam menggambar sketsa jika memenuhi kriteria yang bagus. Mulai dari bentuknya, batang kayunya, isi pensilnya, hingga warnanya. Semua itu harus diketahui terlebih dulu oleh seorang penggambar atau desainer yang ingin menggambar sketsa.

Sebuah pensil bukan hanya dijadikan alat tulis saja, melainkan sangat pantas dan pas untuk menggambar. Anda saat berlatih menggambar tentu saja dilatih dari dasar atau awal, yaitu membuat sketsa dengan pensil. Jika Anda sudah menguasainya, bukan tidak mungkin menjadi desainer yang profesional, dengan hasil penggambaran yang cukup bagus dan berkualitas. Profesi sebagai desainer memang sangat terbuka lebar hingga sekarang dan pastinya cukup menguntungkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk berlatih menggambar dari sekarang. Semua itu bisa dimulai dengan belajar cara menggambar sketsa dengan pensil.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *