Kunci Utama Menyempurnakan Teknik Arsir

kunci penyempurnaan teknik arsirTeknik arsir adalah teknik yang paling banyak digunakan saat menggambar menggunakan pensil. Karena teknik arsir memang dibutuhkan untuk memperjelas gambar. Hanya saja meskipun kedengarannya seperti teknik yang simpel, ada banyak kunci-kunci yang harus kita ketahui agar kita bisa membuat arsiran yang sempurna. Misalnya jika dilihat dari hasil ketajaman gambar, gradasi warna hingga efek real pada gambar. Berikut ada beberapa kunci utama yang akan menyempurnakan teknik arsir kita sehingga gambar kita akan semakin nampak nyata.

Alat Arsir

Jika banyak orang mengetahui alat-alat untuk mengarsir hanya sebatas pensil saja itu masih belum cukup untuk mendapatkan hasil arsiran yang maksimal. Ada beberapa alat arsir yang penting untuk dimiliki seperti pensil yang tepat untu membuat arsiran seperti pensil 2B. pensil yang kita gunakanpun harus diusahan selalu runcing. Pensil yang selalu runcing akan menghasilkan arisran yang nampak lembut, merata dan konsisten. Artinya arsiran gambar teratas dengan arsiran gambar terbawah sama. Tak hanya itu, pensil yang tidak runcing tidak akan mampu menghasilkan arsiran yang menutupi seluruh permukaan kertas. Hal itu dikarenakan permukaan kertas tidak rata melainkan bergerigi sehingga pensil yang tidak runcing tidak akan mencapai bagian terdalam dari permukaan buku gambar.

Alat yang berikutnya untuk menyempurnakan teknik arsir adalah Blending. Blending adalah alat yang bentuknya mirip dengan pensil atau crayon yang fungsinya untuk meratakan arsiran pensil yang kita buat. Hasil yang berbeda akan sangat nampak antara yang sudah menggunakan Blending dan yang tanpa menggunakan Blending untuk meratakan arsiran. Jika kita tidak mendapatkan Blending di sekitar kita, kita juga bisa memanfaatkan beberapa alat sederhana untuk meratakan arsiran seperti tissue atau kapas lidi untuk menyempurnakan hasil dari teknik arsir.

Teknik Dalam Arsir

Didalam teknik arsis ada tekni yang harus difahami untuk menadapatkan hasil yang maksimal. Seperti misalnya yang paling sederhana adalah arah arsiran. Arah arsiran haruslah sesuai dengan bentuk gambaran objek agar gambar tampak nyata. Misalnya kita menggambar objek berbentuk bulat maka arsirlah denga arah melengkung. Jika kita mengarsir dengan garis lurus tidak akan memberikan hasil yang sempurna.

Pahami penggunaan teknik-teknik arsir seperti teknik arsir biasa yaitu hanya berupa garis lurus, kemudian scribbling yang merupakan cara mengarsir dengan membuat bulatan-bulatan tipis dan kecil, dan yang terakhir adalah teknik crosshatching yaitu arsiran campuran untuk membuat hasil arsiran yang bervariasi.

Selain teknik arsir tersebut ada teknik arsir lain yaitu mengarsir dengan menggunakan titik-titik yang bergradasi. Namun teknik ini hanya banyak digunakan oleh orang-orang yang jam terbangnya dalam menggambar sudah tinggi. Karena dalam menggunakan teknik ini memerlukan ketelitian tingkat tinggi dan kesabaran karena butuh waktu yang lama.

Share

6 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *