Empat Tips Menggunakan Pensil bagi Pemula yang Hobi Menggambar

empat tips menggunakan pensilTips menggunakan pensil untuk mengambar berikut ini dapat Anda pelajari, kemudian praktikkan sendiri di rumah atau tempat lain. Tidak sedikit orang yang memakai pensil untuk menggambar belum mengetahui cara mengunakan alat gambar tersebut. Akibat yang dialami, yaitu pensil cepat patah ujungnya, warna pensil yang tidak maksimal. hingga hasil gambar yang berkualitas rendah. Semua itu disebabkan kurangnya pemahaman dan informasi tentang penggunaan pensil yang baik dan benar untuk menggambar. Oleh karena itu, Anda yang suka atau hobi menggambar perlu mengetahui beberapa tips menggunakan pensil, antara lain sebagai berikut.

 Ketahuilah karakteristik pensil yang Anda pakai

Pensil memang bermacam merk dan bentuknya yang variatif. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui karakteristiknya sebelum memakainya. Misalnya, ukuran dan diameter pensil perlu disesuaikan dengan cara memegangnya. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan pensil untuk menggambar sesuai dengan petunjuk yang benar. Saat membelinya, Anda mungkin sudah dapat memperkirakan sendiri bagaimana sebuah pensil bisa dipegang dengan nyaman saat dipakai untuk menggambar. Karakteristik pensil seperti itu bisa diketahui dari informasi yang diberikan pada label kemasan pensil. Jika memang pensil tersebut berkualitas bagus, pasti memilikinya.

 Memegang pensil dengan santai dan tidak perlu erat-erat

Pensil yang bobotnya cukup ringan tidak perlu dipegang erat-erat, kecuali Anda sedang mengalami grogi atau ketakutan. Pasalnya, saat menggambar membutuhkan ketenangan dan rasa santai. Begitu juga saat memegang pensil harus santai. Peganglah dengan mantap agar tidak selalu terlepas, tetapi dengan santai. Dengan memegang seperti itu, Anda bisa memulai menggambar di atas kanvas atau kertas secata maksimal. Hasil gambarnya pun tidak akan mengecewakan. Cara memegang pensil seperti ini bisa dilatih sejak kecil. Pada usia anak-anak, pasti sudah diajari menulis dan mewarnai, yaitu dengan memegang pensil yang dipakainya.

Meraut pensil tidak perlu terlalu runcing

Sebelum digunakan, pensil harus terlebih dulu diraut dengan alat rautan. Namun demikian, Anda tidak perlu meraut pensil terlalu runcing karena hanya mudah mematahkannya saja. Apalagi pensil yang terlalu runcing ujungnya, memiliki ketebalan warna yang kurang. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui informasi seperti ini. Ketebalan garis atau sketsa yang dibuat harus disesuaikan dengan peruncingan pensil yang diraut. Dengan begitu, Anda harus memperkirakannya terlebih dulu untuk mendapatkan gambar sketsa yang bagus.

Mengetahui teknik menggores dan mengarsir

Anda pun yang memiliki hobi menggambar harus mengetahui teknik atau cara menggores dan mengarsir. Kedua teknik tersebut memiliki tujuan yang berbeda. Teknik menggores untuk mendapatkan garis dengan ketebalan tertentu. Sementara itu, teknik mengarsir untuk mendapatkan kumpulan garis dengan ketebalan yang lebih. Sebagai pemula dalam bidang menggambar, Anda harus mengetahui dan mempraktikkannya. Itulah beberapa tips menggunakan pensil.

Share

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *