Empat Cara Memilih Pensil yang Berkualitas untuk Menggambar

pensil bekualitas untuk menggambarCara memilih pensil untuk menggambar perlu diperhatikan, terutama bagi Anda yang hobi menggambar atau berprofesi sebagai ilustrator yang menggambar secara manual dengan pensil. Perlu Anda ketahui bahwa pensil merupakan salah satu alat tulis yang biasa untuk melatih menulis atau menggambar. Pensil juga dibutuhkan untuk menggambar dasar atau sketsa yang nantinya akan diperjelas dengan pensil warna atau jenis pewarna yang lain. Untuk mendapatkan gambar sketsa yang jelas, tentu saja harus memakai pensil yang berkualitas tinggi. Lalu bagaimana cara memilih pensil yang berkualitas tinggi untuk menggambar? Untuk lebih jelasnya, silakan disimak informasi di bawah ini.

Bentuknya yang simetris

Dalam arti, bentuk pensil yang tidak berlekuk-lekuk atau banyak lekukan. Pasalnya, pensil dengan bagian batang yang banyak lekukan tentu saja akan mudah patah. Lagipula dalam menggambar dengan pensil juga membutuhkan teknik memegang pensil yang benar. Oleh karena itu, cara memegang pensil harus menyesuaikan dengan bentuk pensil tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memegang pensil dengan baik dan benar tanpa adanya kesulitan yang berarti.

Batang kayu yang bagus

Kriteria cara memilih pensil berikutnya, yaitu pada batang kayunya. Ada beberapa merk pensil yang memiliki batang kayu yang mudah lapuk dan patah. Tentu saja pensil seperti itu kualitasnya rendah. Anda harus memilih pensil dengan batang kayu yang keras, teksturnya padat, sehingga tidak mudah patah saat digunakan. Pensil seperti itulah yang cocok untuk menggambar sketsa karena lebih kuat, tidak mudah patah, serta lebih tahan lama saat dipakai sehari-hari untuk menggambar. Jika Anda memilih pensil dengan batang kayu yang mudah patah, sama saja menghabiskan waktu hanya untuk meraut pensil tersebut.

Isi pensil yang hitam legam

Memang secara khusus, pensil dapat dikategorikan dalam beberapa jenis, yang bisa dilihat dari ketebalan isinya saat dipakai. Semakin tinggi kriterianya, maka semakin hitam dan legam warna isinya. Anda pun bisa memilihnya yang sesuai kebutuhan masing-masing. Misalnya, saat menggambar sketsa, Anda bisa memilih pensil dengan warna yang sedang agar tebal tipis dari gambar tersebut bisa terlihat. Namun demikian, secara umum Anda perlu memiliki pensil dengan isi pensil yang benar-benar hitam untuk tujuan tertentu dalam menggambar.

 Panjang dan diameter pensil yang sewajarnya

Pensil untuk menggambar sketsa perlu memiliki panjang dan diameter yang normal atau sewajarnya. Dalam arti, panjang dan diameternya pas untuk dipegang di tangan. Dengan begitu, Anda yang ingin menggambar bisa memegang serta mencoretkan garis-garis dalam sketsa dengan baik dan benar. Pilihlah pensil dengan kriteria seperti itu untuk menghasilkan gambar sketsa yang berkualitas.

Itulah beberapa kriteria yang harus dipahami saat memilih dan menggunakan pensil. Demikian sedikit tulisan mengenai cara memilih pensil.

Share

6 komentar

  1. Jenis-jenis pensil yang biasanya dipakai untuk membuat sketsa wajah apa saja ya Pak? Misalnya untuk keperluan mengarsir, membuat garis tipis, dll. Lalu kertas yang paling baik yang biasa digunakan oleh para pembuat sketsa profesional kertas apa ya? Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *