Dasar-Dasar Menggambar dengan Pensil yang Perlu Anda Ketahui

teknik menggambar pensilDasar-dasar menggambar dengan pensil perlu Anda ketahui informasinya. Hal itu dikarenakan aktivitas menggambar juga harus dilakukan secara step by step atau tahap demi tahap. Dengan tujuan, hasil gambar yang bagus dan berkualitas. Anda yang mengaku suka atau hobi menggambar, tidak ada salahnya untuk mengetahui dasar-dasar dalam menggambar. Tentu saja menggambar dengan alat pensil yang serba guna. Anda tidak perlu membeli dan menggunakan pensil dengan harga yang mahal. Anda cukup memiliki pensil dengan harga yang terjangkau, tetapi kualitasnya benar-benar terjamin. Lalu, apa saja dasar-dasar menggambar dengan pensil yang perlu diketahui? Berikut sedikit informasinya untuk Anda.

 Memilih pensil yang bagus

Alat utama untuk menggambar ini, yaitu pensil. Anda pun harus memilih pensil yang bagus dan berkualitas agar menghasilkan produk gambar yang berkualitas juga. Pemilihan pensil dengan memperhatikan kriteria, seperti batang kayunya, isi pensilnya, warnanya, panjangnya, serta diameternya. Anda harus mengetahuinya mana pensil yang bagus untuk dipilih dan mana yang tidak. Jika Anda berhasil menemukannya, bukan tidak mungkin bisa menggambar dengan baik dan benar, serta hasil gambarnya yang memuaskan dan enak dilihat.

 Membiasakan diri memegang pensil untuk menggambar

Bagi Anda yang belum terbiasa memakai pensil untuk menggambar, tentu saja akan merasa kesulitan. Namun demikian, Anda bisa membiasakan diri untuk memegang sekaligus memakai pensil tersebut. Pasalnya memegang pensil untuk menggambar ada cara atau tekniknya tersendiri. Mulai dari cara memegang seperti alat tulis biasanya, hingga cara memegang untuk mengarsir. Semua harus Anda pelajari untuk bisa menggambar dengan pensil yang baik dan benar. Anda pun bisa membiasakannya setiap hari agar bisa memegang pensil seperti itu.

 Berlatih menggambar sketsa dengan pensil

Menggambar sketsa merupakan pelatihan dasar bagi Anda yang ingin dan suka menggambar yang sifatnya hobi atau profesional. Sketsa yang digambar dapat dilatih mulai dari garis-garis lurus dengan ketebalan yang berbeda. Maka dari itu, cara memegang pensilnya juga harus benar dan menyesuaikan untuk mendapatkan ketebalan garis yang diinginkan. Selanjutnya, Anda bisa menggambar garis atau bentuk bangun yang lain, tidak beraturan, atau berbentuk objek tertentu.

 Menggambar objek tertentu yang sederhana

Objek dengan bentuk sederhana dapat Anda gambar karena lebih mudah untuk menggambarnya. Cara ini sebagai latihan Anda saat memakai pensil untuk menggambar. Beberapa barang rumah tangga, seperti meja, kursi, lemari, televisi, dan lain sebagainya dapat digambar dengan pensil. Jangan lupa untuk memberikan arsiran atau tebal tipis pada gambar tersebut. Dengan begitu, gambar yang dibuat bisa seperti yang aslinya.

Setelah Anda mengetahui informasi ini, jangan ragu lagi untuk mempraktikannya. Dengan begitu, Anda bisa menghasilkan gambar yang berkualitas, setelah mempraktikkan dasar-dasar menggambar dengan pensil.

 

Share

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *