Cara Menggambar Foto Wajah Menggunakan Pensil

menggambar foto wajah dengan pensilCara menggambar foto wajah menggunakan pensil memang penuh dengan misteri. Mengapa saya mengatakan seperti itu? Karena sebagaimanapun dijelaskannya cara menggambar foto wajah menggunakan pensil tetap saja tak semua orang mampu memindahkan foto wajah yang nyata-nyata merupakan hasil sebuah kamera ke atas kertas hanya dengan goresan pensil sederhana. Tetapi, hal itu justru membuat banyak orang semakin penasaran bagaimana bisa seseorang menggambar foto wajah dengan begitu sempurna. Nah, daripada kita semakin penasaran saya akan berbagai tentang langkah-langkah menggambar foto wajah menggunakan pensil. Semoga dapat menginspirasi Anda semua untuk membuat gambar dari pensil yang lebih fantastis.

Mengadaptasikan Mata Dengan Objek

Cara pertama untuk menggambar foto wajah adalah kita harus membiasakan mata kita dengan objek yang akan kita gambar. Amati dan pandangi objek secara dalam sekaligus merekam lekuk-lekuk penting dan karakter-karakter dari objek yang harus kita tonjolkan. Karena pada dasarnya ada 2 cara menggambar foto wajah. Cara pertama adalah memindai foto tersebut secara utuh dan menggambarnya secara utuh sesuai foto di atas kertas kita. Dan yang kedua adalah tidak menggambar foto wajah secara utuh atau mirip sekali tetapi hanya menonjolkan beberapa hal yang nampak menonjol dari foto tersebut. Untuk melakukan keduanya kita tetap harus benar-benar memahami bentuk objek. Jadi letakan objek sedekat mungkin dengan area gambar kita agar mata kita lebih mudah berpindah dari area gambar menuju objek dan sebaliknya.

 Garis Sketsa

Setelah mata dan otak kita terbiasa dengan objek, selanjutnya adalah membuat garis sketsa diatas kertas gambar kita. Membuat garis sketsa adalah hal dasar yang paling sering dilewatkan orang karena menganggap itu tidak penting. Pada faktanya garis sketsa sangat penting karena sebagi acuan gambar kita selanjutnya. Nah, tariklah garis sketsa untuk mata, hidung dan mulut menggunakan pensil HB. Setelah itu mulailah menggmbar sketsa mata, hidung, mulut dengan acuan garis sketsa tadi. Lengkapi dengan membuat telinga dan rambut. Ini adalah langkah dasar dalam cara menggambar foto wajah menggunakan pensil.

 Finishing

Setelah sketsa selesai, selanjutnya adalah memperjelas sketsa tersebut menggunakann pensil yang lebih tajam seperti pensil 2B. Perjelas bagian mata terlebih dahulu agar kita cepat mengetahui kemiripan gambar kita dengan objek aslinya. Karena mata adalah kunci dari kemiripan gambar kita dengan objek. Setelah sebuah sisi dari sketsa di perjelas selanjutnya adalah membuat arsiran sesuai dengan pencahayaan objek yang tepat untuk mempertajam bagian-bagian dari gambar yang akan ditonjolkan. Anda bisa menambahkan efek garis-garis halus pada bagian pipi, telinga, dan bagian-bagian lain yang harus memiliki efek lekukan. Pada tahap ini kita harus bermain dengan imajinasi kita, membayangkan bagaimana objek sesungguhnya, bagaimana lekuk wajahnya, karakternya dan hal-hal yang harus nampak menonjol

Share

6 komentar

  1. Wah makasih infonya gan, buat refrensi. Tapi memang agak susah sih, apalagi pas buat bagian mata. Kadang tangan saya juga keringetan, yang ada pensilnya malah ngotorin kertasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *