Cara Membuat Sketsa Wajah

cara membuat sketsa wajahCara membuat sketsa wajah menggunakan pensil berbeda dengan menggambar foto wajah. Karena membuat sketsa wajah hanya menggambar bagian-bagian penting tanpa memperjelas atau membuatnya nyata. Sketsa wajah membuat tetap menununjukan gambar kita ini adalah goresan pensil. Ada beberapa cara khusus untuk membuat sketsa wajah yang tentu saja teknik utamanya tetap menggunakan teknik arsir. Bagi Anda yang ingin menghadiahkan gambar sketsa wajah orang tercinta yang sedang berulang tahun, akan semakin menyenangkan jika hasil sketsa wajah tersebut adalah hasil karya kita sendiri. Untuk itu saya memberikan bocoran bagaimana cara membuat sketsa wajah menggunakan pensil yang benar.

 Langkah Pertama

Yang pertama kita lakukan adalah menyiapkan alat-alat seperti pensil, kertas, penghapus, tissu untuk alas. Tak lupa menentukan objek yang akan kita gambar. Apakah wajah laki-laki atau wajah perempuan, anak-anak maupun orang dewasa. Nah, setelah semuanya siap mulailah dengan membuat sketsa awal wajah. Buatlah sketsa tipis-tipis saja karena kita akan menghapusnya saat gambar utama sudah nampak. Jangan lupa menentukan besar dan jauh dekatnya pencahayaan yang akan kita terapkan pada sketsa kita.

 Langkah Kedua

Langkah kedua adalah memulai mengarsir sesui kontras pencahayaan yang sudah kita tentukan di langkah pertama. Maksudnya adalah ketika kita ingin memberikan pencahayaan yang jauh maka kontras dari arsiran yang akan kita buat akan tinggi. Berbeda lagi jika gambar dibuat dengan pencahayaan dekat yang otomatis kontras gambar akan tinggi. Hal ini adalah kunci dari cara membuat sketsa wajah menggunakan pensil yang benar.

Yang berikutnya mulailah dengan mengarsir bagian tergelap atau bagian yang hanya sedikit terkena sinar cahaya. Untuk mendapatkan hasil arsiran yang baik, perhatikan juga cara memegang pensil yang membuat kita lebih nyaman.

Perhalus arsiran ketika kita sudah mencapai batas gelap terang dari objek gambar kita. Maka dari itu kita harus benar-benar memahami pencahayaan dan batas-batas gelap terang yang kita terapkan pada gambar. Semakin arah arsiran menuju daerah yang mendapat cahaya tinggi, kurangi tekanan dari pensil untuk mendapatkan hasil arsir kontras rendah.

 Langkah Ketiga

Setelah arsiran selesai, yang selanjutnya dilakukan adalah memperjelas atau memperlembut batas gelap terang dari gambar. Jika Anda ingin batas gelap terang tetap tajam maka dapat di percantik dengan teknik lainnya. Jika ingin batas gelap terang mempunyai efek lembut, haluskan dengan Blending atau kertas tissu.

Untuk sentuhan paling akhir Anda bisa memperjelas garis-garis tepi dari sketsa wajah agar gambar nampak semakin jelas. Jangan lupa menghapus sketsa awal wajah yang kita buat tadi dengan hati-hati. Setelah itu bersihkan juga coretan-coretan kecil diluar gambar agar daerah di sekitar gambar menjadi bersih dan hanya sketsa wajah saja yang nampak menonjol.

Share

9 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *